alexametrics
Friday, August 14, 2020

Belajar Tematik Drive Thru, Usir Kejenuhan Siswa MTsN 6 saat Pandemi

- Advertisement -
- Advertisement -

KEPANJEN – MTsN 6 Malang memberikan layanan bahan ajar tematik drive thru sebagai upaya mengurangi kejenuhan siswa belajar di rumah selama masa pandemi Covid-19. Layanan ini juga untuk mengatasi dilematisnya pembelajaran jarak jauh (PJJ) baik melalui daring atau luring yang banyak kendala.

Kepala MTsN 6 Malang Sutirjo menuturkan, kegiatan belajar tematik drive thru fokus pada gerak dan memanfaatkan sumber belajar yang ada di rumah ini yang diikuti oleh seluruh siswa.

“Kendala pembelajaran jarak jauh baik melalui daring atau luring seperti, infrastruktur jaringan internet, tidak punya gawai, kuota, pembiayaan dan menurunnya motivasi belajar karena jenuh belajar melalui daring terus serta menumpuknya tagihan tugas belajar,” ujar dia.

Selain itu, Sutirjo melanjutkan, kultur budaya, literasi, dan keterampilan mengajar guru yang belum siap melakukan pembelajaran daring dikala pandemi menjadi simalakama. “Guru harus terampil mengajar dengan perencanaan yang bagus, metode yang tepat, dan siswa melakukan proses belajar secara lebih terbuka untuk mewujudkan aktivitas tersebut secara berbeda,” ujar dia.

Sutirjo mencontohkan, implementasi kegiatan belajar tematik ‘Memasak Fun di Rumah’ bersifat terbuka dan fleksibel. Kegiatan yang disuguhkan hanya sebagai ‘pertimbangan’ aktivitas yang bisa dipilih, namun siswa boleh menentukan aktivitas yang lain.

“Semangat berbagi, bekerja sama, bahan, dan zat yang digunakan serta bagaimana membersihkan secara runtut dapat diisi konten Aqidah Akhlaq, PKn, IPA dan Fiqih,” terangnya.

Menurut dia, siswa mendengarkan suara guru itu sudah kebahagian tersendiri, apalagi melihat dan menyapa walau sekejap.

“Pembelajaran tematik menekankan pada belajar fun bersama keluarga, anak tersenyum itu sudah cukup. Belajar bukan semata-mata menagih pada capaian kompetensi, apalagi tagihan soal yang bertubi bikin stres siswa,” ujar dia.

Kebahagiaan itu seperti dirasakan salah satu siswa MTsN 6 Kelas 8A, Futena Nemas Said. Ia mengaku sangat senang dengan kegiatan tematik yang dapat dilakukan di rumah bersama ibunya. “Sangat senang bisa masak bersama ibu, nanti rencananya mau masak sayur sop,” kata Futena. (*)

Editor: Hendarmono Al S

- Advertisement -

Latest news

Digitalisasi Majalah di MMI Butuh Sabar dan Telaten, Seperti Apa?

“Susahnya, majalah itu sudah dijilid, jadi harus dilepas dulu supaya hasilnya bagus,” jelasnya.
- Advertisement -

BI Mengajar, Dorong Transaksi Nontunai Lewat QRIS

“Saat ini transaksi digital sangat digemari masyarakat, terutama kaum milenial. Apalagi dengan adanya pandemi seperti ini, transaksi non tunai adalah alternatif yang banyak dipilih oleh masyarakat,” ujar dia.

Kaget Pengumuman Dimajukan, Peserta SBMPTN Deg-degan

“Deg-degan sampai sekarang. Tahu informasi perubahan dari internet,” kata gadis asal Kelurahan Sawojajar, Kota Malang ini kepada Radar Malang, Kamis (13/8).

Layanan Medis Komprehensif RSPH Raih Predikat Terbaik di RMA 2020

Rumah Sakit Prima Husada (RSPH) berhasil menyabet penghargaan sebagai “Type C Hospital with The Most Comprehensive Healthcare Facilities” di Radar Malang Award 2020. Penghargaan diberikan Kamis (13/8) oleh Direktur Radar Malang Kurniawan Muhammad, kepada Komisaris Utama PT Disa Prima Medika (RSHP), dr Sadi Hariono MMRS didampingi Direktur Utama PT Disa Prima Medika Endang Susilowati.

Related news

Kaget Pengumuman Dimajukan, Peserta SBMPTN Deg-degan

“Deg-degan sampai sekarang. Tahu informasi perubahan dari internet,” kata gadis asal Kelurahan Sawojajar, Kota Malang ini kepada Radar Malang, Kamis (13/8).

Cek, Inilah 13 Website Resmi Pengumuman Hasil SBMPTN Besok

“Mulai bisa diakses per pukul 15.00 pengumumannya besok (hari ini),” kata Kasubag Kearsipan dan Humas UB Kotok Gurito, Kamis (13/8).

Pengumuman SBMPTN Dimajukan Besok, Rebutkan 19.739 Kursi PTN Malang

“Kami hanya mengikuti pusat saja. Pengumumannya dimajukan besok (14/8) oleh pusat,” jelasnya.

Terapkan Tema Kewirausahaan, USAID Mitra Kunci Gandeng UMM

Berbagai terobosan terus dilakukan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat. Salah satunya adalah dengan sistem Kuliah Kerja Nyata Tematik Kewirausahaan (KKN TKWU) bekerjasama dengan USAID Mitra Kunci Initiative.
- Advertisement -