Bekerja tidak sesuai dengan jurusan kuliah juga dirasakan sahabat Renanda Riska Faradina. Dia yang merupakan lulusan program studi teknik lingkungan, kini harus bergelut dengan dunia pendidikan. Menjadi sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Batu. ”Jurusan saya sebenarnya kebanyakan linier di bidang industri. Kalau terjun di instansi pemerintahan itu masuknya tentang kesehatan lingkungan atau ngurusi lingkungan dan tata ruang kota,” terang Riska, sapaan akrabnya.

Sebelum memegang jabatan sekarang, dia pernah merintis karir di Kabupaten Ponorogo. Selanjutnya, Riska juga turut membantu akreditasi salah satu puskesmas di Kota Batu. ”Awalnya itu lebih menimba ke pengalaman saja. Itu yang terpenting menurut saya,” tambahnya. Kini, seluk beluk dunia pendidikan lah yang paling banyak dia dalami.

”Tahu perjalanan sebuah sekolah di dekat rumah. Mereka kemudian menjadi sekolah rujukan karena semangat kepala sekolahnya,” kata warga Desa Sumbergondo, Kecamatan Bumiaji, ini memberi contoh.

Menurut dia, fasilitas berupa Griya Literasi yang disediakan Pemkot Batu harusnya bisa dimanfaatkan warga. ”Ini sangat ngebantu banget untuk mahasiswa Batu yang PP (pulang-pergi) kuliahnya,” jelas dia. 

Pewarta               : Mochamad Sadheli
Copy Editor         : Amalia Safitri
Penyunting         : Bayu Mulya
Fotografer          : Renanda Riska Faradina