KOTA MALANG – PO Gunung Harta, barang kali sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Moda transportasi darat yang identik dengan warna hijaunya ini rupanya sudah melalang buana sejak tahun 1994 di Bali dan 1996 melebarkan sayap ke Kota Malang.

“Sampai saat ini, kita selalu utamakan pelayanan terbaik untuk penumpang. Mulai dari kenyamanan sampai dengan keamanan selama perjalanan,” kata Staf Operasional PT. Gunung Harta, Khusnul Hidayat, ST.

Menurut dia, salah satu upayanya selain melakukan peremajaan bus setiap kurang lebih dua tahun sekali. Juga turut menyertakan para driver maupun kernet ke dalam banyak pelatihan baik yang diadakan oleh Dinas Perhubungan Provinsi Jatim, Polda Jatim maupun IPOMI sebagai motivasi agar dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada penumpang selama perjalanan.

“Untuk driver, kita ikutkan pelatihan bagaimana memberikan service excellent kepada customer, cara bawa kendaraan. kalau asal bawa kan membahayakan pengguna lain dan penumpang,” bebernya kepada radarmalang.id

Hal tersebut, juga dirasa menjadi alasan mengapa PT Gunung Harta Transport Solutions tersebut masih tetap eksis di kalangan masyarakat. Khususnya pencinta moda transportasi darat.

Di sisi lain, PO ini juga punya dua divisi. Yakni reguler alias bus malam juga pariwisata.

Untuk reguler dari Malang melayani trayek Malang-Bali, Bandung, Jakarta, Jogjakarta, Madura – Jakarta, Ponorogo – Jakarta, Blitar – Jakarta. Sedangkan untuk pariwisata sesuai dengan kebutuhan penumpang.

Dari total 60 unit bus yang tersediapun beragam, mulai dari yang standar sampai premium. “Kalau premium kita pakai merek Scania K 410 dan Mercedes Benz seri terbaru rodanya dobel excel, OH 2542,” tambahnya.

Khusus untuk bus malam, setiap unit bus premium tersedia fasilitas Audio Video on Demand (AVOD) layaknya di pesawat pada masing-masing kursi penumpang.

“Jadi penumpang biar ngga bosen karena perjalanannya kan jauh. Mereka biar nyaman, enjoy. Kita bikin biar serasa pesawat,” tandasnya.

Sebagai informasi. PO ini juga banyak menerima sertifikat penghargaan. Antara lain, Penghargaan armada antar kota antar provinsi Bintang empat dari Dirjen Perhubungan Darat, Penghargaan Keselamatan Transportasi dari Menteri Perhubungan RI Sampai sertifikat penghargaan dari Mercedes-Benz Bus Club Millionaires terkait penggunaan series Mercy terbanyak dengan Vehicle Identidication Number (VIN) sejak 2005 dan mencapai jarak tempuh 1 juta kilometer.

Pewarta : Feni Yusnia
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto : Feni Yusnia