alexametrics
27C
Malang
Wednesday, 20 January 2021

Duuuuh…, Mulai 11 Januari Jawa-Bali Bakal Diberlakukan PSBB

RADAR MALANG – Makin banyaknya kasus baru Covid-19 di sejumlah kota di pulau Jawa memaksa Pemerintah Pusat turun tangan dengan rencana pembatasan kegiatan di luar rumah. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) itu bakal berlaku di Pulau Jawa dan Bali mulai 11 hingga 25 Januari mendatang.

Keputusan tersebut diambil sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 21 Tahun 2020 tentang PSBB dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19 di Indonesia. “Rencana penerapan PSBB dilakukan di Jawa dan Bali karena telah memenuhi salah satu dari empat parameter yang ditetapkan,” ungkap Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Airlangga Hartarto, Rabu (6/1).

Kebijakan PSBB diambil, menurut Airlangga, setelah pemerintah melihat data perkembangan penanganan Covid-19, seperti risiko penularan virus, rasio ketersediaan tempat tidur isolasi dan ICU. Pemerintah juga telah melihat kasus aktif penularan virus sudah mencapai 14,2 persen hingga saat ini. ”Pemerintah melihat perlu beberapa kegiatan yang perlu dilakukan pembatasan,” lanjutnya.

Hal ini juga berdasar pada kondisi penambahan kasus mingguan di bulan Desember yang mencapai 48.434 kasus dan awal Januari yang naik hingga 51.986 kasus baru. Empat parameter tersebut antara lain adalah tingkat kematian di atas rata-rata yang menyentuh angka 3 persen. Kemudian tingkat kesembuhan di bawah skala nasional sebesar 82 persen. Selanjutnya jumlah kasus aktif nasional berada di angka 14 persen, dan keterisian Rumah Sakit (RS) untuk tempat isolasi dan ICU berada di atas 70 persen.

Penulis : M. Ubaidillah

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Wajib Dibaca