alexametrics
Friday, August 14, 2020

Sutiaji Gundah Lihat Angka Pasien Covid-19 Terus Naik

- Advertisement -
- Advertisement -

MALANGKOTA – Gundah melihat angka Covid-19 yang terus meningkat, Wali Kota Malang Sutiaji akan mengumpulkan pihak-pihak yang selama ini terlibat dalam penanganan Covid-19. Mulai dari perwakilan puskesmas, direktur rumah sakit, hingga tim satgas Covid-19 dari perguruan tinggi.
Saat ini, dari total 248 kasus positif Covid-19 di Kota Malang sebanyak 65 pasien sebelumnya telah dinyatakan sembuh. Kemudian 21 meninggal dunia, dan sisanya dalam tahap perawatan isolasi, baik itu mandiri di rumah ataupun di rumah sakit.
“Insya Allah kami undang Senin (6/7) ini, kepala puskesmas, terus direktur rumah sakit, dan seluruh satgas dari perguruan tinggi. Mereka bisa kami libatkan semua untuk melakukan upaya bagaimana (menekan angka penyebaran kasus Covid-19),” kata Sutiaji.
Dia mengatakan, kali ini fokus pemkot tak lagi per wilayah, melainkan per RT/RW. Sebab, progres penularan belakangan ini memang lebih didominasi dari klaster keluarga yang inimenjalani isolasi mandiri di rumah. Mereka menularkan kepada anggota keluarga lainnya hingga ke tetangga sekitar.
“Sekarang fokus mitigasinya lebih ke bawah dan keluarga, ke RT ke RW untuk bagaimana penyebaran kasus ini tidak bisa masif dilakukan. Yang terjadi luapan banyak kemarin itu adalah klaster keluarga. Untuk itulah, klaster keluarga ini isolasi mandiri harus benar-benar kita kuatkan. Jangan sampai ada gampang isolasi mandiri,” jelas Suatiaji.
Dalam pertemuan hari ini, akan dibahas bersama langkah apa saja yang perlu dilakukan semua pihak terkait dalam menanggulangi kasus Covid-19 di Kota Malang. Sebab, jika tren lonjakan kasus saat ini tak hanya berasal dari orang tanpa gejala (OTG), melainkan juga ada dari kasus pasien dalam pengawasan (PDP) yang juga naik status menjadi terkonfirmasi positif Covid-19.
“Jadi sekarang trennya ada dua arah. Karena itu, nanti kami ingin PDP terpantau, kemudian seluruh lab yang melaksanakan swab mandiri dari masyarakat agar terpantau. Misal, hari ini berapa sih yang mau swab, nanti kita akan punya treatment,” ungkapnya.
Sutiaji mengatakan, semua data Covid-19 nantinya bisa terprediksi secara real time melalui masing-masing dashboard baik itu dari Pemkot Malang ataupun dari rumah sakit.
“Setelah itu, hari ini berapa yang swab di Kota Malang, kita sudah punya antisipasi. Hari ini kira-kira berapa yamg terkonfirmasi positif itu sudah bisa terketahui. Sehingga ini nanti akan ada pemantauan, dan harapan kami nanti real time di masing-masing dashbord dari pemerintah kota dan masing-masing rumah sakit,” tandasnya.
Pewarta : Sandra Desi C
Foto : Dok Radar Malang
Editor: Hendarmono Al Sidarto

- Advertisement -

Latest news

Kaget Pengumuman Dimajukan, Peserta SBMPTN Deg-degan

“Deg-degan sampai sekarang. Tahu informasi perubahan dari internet,” kata gadis asal Kelurahan Sawojajar, Kota Malang ini kepada Radar Malang, Kamis (13/8).
- Advertisement -

Layanan Medis Komprehensif RSPH Raih Predikat Terbaik di RMA 2020

Rumah Sakit Prima Husada (RSPH) berhasil menyabet penghargaan sebagai “Type C Hospital with The Most Comprehensive Healthcare Facilities” di Radar Malang Award 2020. Penghargaan diberikan Kamis (13/8) oleh Direktur Radar Malang Kurniawan Muhammad, kepada Komisaris Utama PT Disa Prima Medika (RSHP), dr Sadi Hariono MMRS didampingi Direktur Utama PT Disa Prima Medika Endang Susilowati.

Bawa 32 Tabung Elpiji dan Bensin, Espass Meledak Bakar Pengemudi

Mobil bernopol N 541 DR tersebut tengah mengangkut 32 tabung gas elpiji ukuran 3 kilogram dan 2 buah jeriken berisi bensin.

OJK Malang: Per 30 Juli, Kredit 282.510 Nasabah Direstrukturisasi

Kepala OJK Malang Sugiarto Kasmuri merinci, dari total nilai restrukturisasi kredit tersebut, industri perbankan di wilayah kerja OJK Malang menyasar 85.402 debitor dengan total baki debet sebesar Rp 8,58 triliun.

Related news

Serapan Anggaran Rendah, Kepala OPD Siap-Siap Dimutasi

KOTA MALANG - Wali Kota Malang Sutiaji mengisyaratkan bakal memutasi kepala OPD (organisasi perangkat daerah) yang serapan anggarannya rendah. 

Makin Kuat, AHY Beri Rekom untuk Sanusi-Didik

JAKARTA - Makin kuat saja posisi incumbent HM Sanusi di Pilbup (Pemilihan Bupati) Malang 2020. Pria yang berpasangan dengan Didik Gatot Subroto itu menerima rekomendasi dari dua petinggi partai besar, kemarin (12/8). 

Kembali Pimpin NasDem Kota Malang, Hanan Siap Rangkul Anak Muda

KOTA MALANG - Abdul Hanan kembali mendapatkan kepercayaan untuk memimpin NasDem Kota Malang hingga empat tahun ke depan.

Aklamasi, Siadi Pimpin DPD Golkar 5 Tahun Ke Depan

KEPANJEN – Musyawarah daerah (musda) DPD Partai Golkar Kabupaten Malang telah dilaksanakan, Sabtu (8/8). Hasil dari musda tersebut, pucuk pimpinan DPD Partai Golkar Kabupaten Malang kembali ditempati oleh Siadi. Meski sebelumnya sempat muncul nama Miskat sebagai satu-satunya lawan, pria yang menjabat sebagai Ketua DPD Golkar kabupaten sejak 2017 lalu itu akhirnya terpilih secara aklamasi.
- Advertisement -