alexametrics
25.9C
Malang
Friday, 22 January 2021

DPRD Godok Ranperda Budaya, Seniman dan Budayawan Wajib Kawal

MALANG KOTA – DPRD Kota Malang memasukkan Rencana Peraturan Daerah (Ranperda) Kebudayaan dalam salah satu program legislasi daerah (prolegda) prioritas 2021. Perda ini diharapkan bisa memiliki kekuatan untuk melindungi seniman dan budayawan Kota Malang.

”Ranperda ini nantinya akan berfungsi untuk memastikan agar pelestarian budaya dan adat istiadat yang ada di Kota Malang terlindungi,” kata Wakil Ketua Komisi D DPRD Kota Malang Abdul Wahid.

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menjelaskan, jika perda itu disetujui, maka warisan kebudayaan Kota Malang seperti makam Ki Ageng Gribig, pura di Lesanpuro, dan Pencak Silat Taruna Jaya akan mendapat perhatian Pemkot Malang, utamanya dalam hal pelestarian.

Ketua Dewan Kesenian Malang (DKM) Bobby Nugroho berharap agar pelaksanaan ranperda bisa berjalan sesuai target. ”Kami berharap ranperda tersebut mampu menjawab solusi permasalahan payung hukum SK (surat keputusan) terkait dengan status DKM. Kami juga melampirkan beberapa usulan dalam draf ranperda usulan dari DPRD,” ujar Bobby.

Sebagai informasi, saat ini draf ranperda tersebut tengah dikaji oleh pemerintah provinsi untuk kemudian diturunkan kembali ke daerah. Di dalam regulasi tersebut juga akan memuat secara tersendiri tentang tugas pokok dan fungsi DKM.

Sementara itu, salah satu organisasi Kota Malang yang bergerak di bidang seni Karya Bumi Ngalam (Kabunga) berharap agar kehadiran peraturan daerah tersebut bisa memberikan perlindungan terhadap karya intelektual para seniman dari Kota Malang. Selain itu, keberadaan regulasi khusus ini juga ditargetkan dapat membangkitkan seniman agar produktif dalam berkarya dan mendukung kearifan lokal.

”Kami berharap dengan adanya perda tersebut juga dapat menjadi landasan hukum untuk aktivitas kebudayaan yang ada di Kota Malang,” jelasnya.

Dalam draf yang didapatkan Jawa Pos Radar Malang, ranperda tersebut tak hanya memuat pasal yang menyangkut tentang perlindungan hak cipta dari seniman asal Kota Malang. Di dalamnya terdapat poin mendorong pendidikan seni dan kebudayaan melalui sekolah formal dan nonformal.

Pewarta: Chosa Ayu

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Wajib Dibaca