alexametrics
25.9C
Malang
Friday, 22 January 2021

KPU Belum Tetapkan Paslon Terpilih Pilkada Malang, Ada Apa?

MALANG – Coblosan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 di Kabupaten Malang hampir sebulan berlalu. Namun belum ada kepastian kapan pasangan calon (paslon) terpilih ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Malang. Lantas apa alasan KPU hingga belum melakukan penetapan pasangan calon terpilih?

Koordinator Divisi Sosialisasi, Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Kabupaten Malang Marhaendra Mahardika mengatakan, penetapan baru akan dilakukan setelah ada surat pemberitahuan tidak adanya perkara dari Mahkamah Konstitusi (MK).

Dika–sapaan akrab Mahardika– mengatakan bahwa penetapan calon terpilih paling lambat akan dilakukan maksimal 5 hari setelah adanya Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) yang akan dikeluarkan oleh MK. Dokumen tersebut rencananya akan diturunkan ke daerah pemilihan pada 18 Januari 2021. ”Sehingga penetapan akan dilakukan pada kurun tanggal 19 sampai 23 Januari mendatang,” ujar Dika.

Pemberitahuan tersebut, masih kata Dika, dilakukan secara serentak seluruh Indonesia. Sehingga hingga kemarin (8/1) semua daerah yang melakukan pilkada memang masih belum mendapatkan pemberitahuan dari MK. Dia menyebut, setelah dilakukan penetapan, maka KPU akan mengajukan pengesahan dan pelantikan bupati serta wakil bupati terpilih. ”Ya memang tahapan kami kurang itu saja. Pelantikan dan pengesahan atau pelantikan bupati dan wakil bupati,” imbuh Dika.

Seperti diketahui, pada 17 Desember lalu KPU Kabupaten Malang telah menggelar pleno rekapitulasi suara tingkat kabupaten. Hasilnya, paslon nomor urut 1 H. M. Sanusi dan Didik Gatot Subroto (Sandi) dinyatakan mendapatkan suara terbanyak. Yakni sebanyak 530.449 suara atau sekitar 45,51 persen dari total suara sah. Sementara itu, paslon nomor urut dua Lathifah Shohib dan Didik Budi Muljono (Ladub) mendapatkan 42,19 persen atau 491.816 suara.

Di posisi buncit yakni paslon nomor urut tiga Heri Cahyono dan Gunadi Handoko yang mendapatkan dukungan sebanyak 143.327 suara atau 12,30 persen dari total jumlah pemilih 1.165.592 orang.

Pewarta: Achmad Fikyansyah

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Wajib Dibaca