alexametrics
25.9C
Malang
Friday, 22 January 2021

Pemecatan Arief Budiman, Tahapan Pilkada Kabupaten Malang Jalan Terus

MALANG – Ketua KPU RI Arief Budiman resmi dipecat Rabu (13/1) kemarin oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP). Ia dinilai melanggar kode etik. Lalu apakah pemecatan sang ketua ini bakal menghambat proses tahapan Pilkada Kabupaten Malang selanjutnya?

Komisioner KPU Kabupaten Malang Marhaendra Pramudya Mahardika menyampaikan, pemberhentian Arief Budiman sebagai Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI tidak akan mengganggu tahapan Pilkada Kabupaten Malang. Seperti diketahui, saat ini, KPU Kabupaten Malang masih menunggu tanggal penetapan paslon terpilih.

“Kondisi di pusat nggak mengganggu di daerah. Karena masih ada komisioner lain jika ingin konsultasi,” kata pria yang hobi fotografi ini.

Menurutnya, pemecatan tersebut hanya sebagai Ketua KPU RI. Sehingga, Arief Budiman masih tercatat sebagai anggota komisioner KPU RI.

“Yang diberhentikan itu jabatannya. Jadi masih jadi anggota komisioner,” jelas dia.

Lebih lanjut, tahapan Pilkada Kabupaten Malang akan tetap berjalan sesuai dengan prosedur. Hingga saat ini, saat KPU Kab Malang masih menunggu keputusan dari Mahkamah Konstitusi (MK) terkait pelaksanaan tahapan selanjutnya, yaitu penetapan pasangan calon (paslon) terpilih.

Seperti diketahui, DKPP memutuskan untuk memberhentikan Arief Budiman dari jabatannya sebagai Ketua KPU RI atas kasus pemberhentian Komisioner KPU Evi Novida Ginting Manik. Putusan itu dibacakan dalam sidang DKPP yang digelar pada Rabu (13/1/2021) dan disiarkan secara daring.

“Menjatuhkan sanksi peringatan keras terakhir, dan pemberhentian dari jabatan Ketua KPU kepada teradu Arief Budiman selaku Ketua KPU sejak putusan ini dibacakan,” kata Ketua DKPP Muhammad.

Pewarta: Imam N

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Wajib Dibaca