alexametrics
30C
Malang
Wednesday, 20 January 2021

Mengenal Mendag Lutfi, Bestie Sandiaga Uno dan Erick Thohir di AS

RADARMALANG – Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) resmi merombak atau melakukan reshuffle pada jajaran Menteri Kabinet Indonesia Maju. Dalam perombakan tersebut, Jokowi menunjuk M Lutfi menjadi Menteri Perdagangan menggantikan Agus Suparmanto. Diketahui, M Lutfi merupakan teman baik (bestie) Sandiaga Uno dan Erick Thohir semasa kuliah di Amerika Serikat.

Melansir Jawapos, Kamis (24/12), terpilihnya Lutfi menjadi Menteri Perdagangan (Mendag) ternyata bukan yang pertama kali. Sebelumnya, ia pernah menjabat di kursi yang sama pada masa pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Pria kelahiran Jakarta, 16 Agustus 1969 juga menjabat sebagai Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) pada tahun 2005 dan Duta Besar Indonesia untuk Jepang pada era SBY. Pada Pilpres 2019 lalu, Lutfi tercatat sebagai bagian dari tim sukses Jokowi-Ma’ruf.

Sebelum diangkat menjadi Menteri Perdagangan, ia ditugaskan Jokowi sebagai Duta Besar Indonesia untuk Amerika Serikat (AS) menggantikan Mahendra Siregar yang ditarik menjadi Wakil Menteri Luar Negeri RI pada Mei 2020.

Selain itu, Lutfi pernah menjadi Ketua HIMPI Jaya periode 1998-2001 dan menjadi Ketua Nasional HIPMI periode 2001-2004. Lutfi juga menjadi pendiri Mahaka Group, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan, keuangan, dan media.

Penulis: Andika Satria Perdana

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Wajib Dibaca