alexametrics
29C
Malang
Tuesday, 19 January 2021

Sandi Siap Kembangkan Wisata Berbasis Kearifan Lokal Pedesaan

KABUPATEN – Warga pedesaan Kabupaten Malang tak perlu khawatir tentang kesejahteraan jika pasangan calon (paslon) nomor urut 1, HM Sanusi-Didik Gatot Subroto (Sandi) terpilih dalam Pilkada Kabupaten Malang 2020. Pasalnya, paslon religius-nasionalis ini punya program khusus untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pedesaan. Salah satunya adalah pengembangan wisata berbasis kearifan lokal pedesaan.

Didik Gatot Subroto menyampaikan, wisata berbasis desa ini dinilai penting. Karena bisa menciptakan lapangan pekerjaan di pedesaan. “Kalau lapangan kerja di desa tercipta, kesejahteraan warga sekitar akan mengikuti,” kata mantan ketua DPRD Kabupaten Malang ini.

Menurut Didik, konsepnya nanti dikelola oleh masyarakat setempat melalui kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan badan usaha milik desa (BUMDes). Sehingga, hasilnya nanti bisa dinikmati oleh masyarakat sekitar. “Pengelolanya masyarakat setempat, terutama anak-anak muda desa,” tandasnya.

Lebih lanjut, pihaknya juga akan memetakan potensi di masing-masing desa se-Kabupaten Malang. Perlu diketahui, jumlah desa/kelurahan di Kabupaten Malang ada 390. “Ada tim sendiri nanti yang melakukan pemetaan potensi desa,” ungkap politikus PDIP ini.

Dia mencontohkan desa yang sudah berhasil mengembangkan wisata desa berbasis alam. Yaitu Pujon Kidul dan Bon Pring. “Desa lain pasti juga bisa nanti,” imbuhnya.

Seperti diketahui, saat ini tahapan Pilkada Kabupaten Malang adalah kampanye terbuka (rapat umum terbatas). Sedangkan, jumlah paslon yang mengikuti Pilkada pada 9 Desember mendatang ada tiga paslon.

Pewarta: Imam Nasrodin

- Advertisement -
- Advertisement -

Artikel Terbaru

Wajib Dibaca