JawaPos.com – Ramyadjie Priambodo (RP), kerabat jauh Calon Presiden Nomor Urut 02, Prabowo Subianto yang diciduk terkait kasus dugaan pencurian atau skimming data nasabah milik salah satu bank ternyata lebih dari 50 kali beraksi. Hal ini berdasarkan keterangan dari pelaku kepada aparat kepolisian.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan dalam perkembangan penyelidikan pelaku mengaku sudah beraksi sebanyak 91 kali. “Transaksi 91 kali,” kata Argo di Mapolda Metro Jaya, Selasa (19/3).

Untuk jumlah pasti berapa untung yang telah ia dapat dalam aksinya ini, Argo mengaku hingga kini masih didalami. Yang diketahui pihaknya baru menemukan uang sebanyak Rp 300 juta dari penangkapan pelaku. “Uang yang didapat sementara ada Rp 300 juta,” tuturnya.

Dia mengungkap alasan satu unit mesin ATM ada di kamar RP. Hal itu tak lain digunakan pelaku untuk mencari tahu kelemahan mesin ATM. Kemudian, dirinya jadi lebih mudah melancarkan aksi skimming. “Untuk mengetahui kelemahan mesin ATM,” kata ucapnya.

Hingga kini, aparat kepolisian akan segera menyelesaikan pemberkasan kasus yang menimpa RP. Sejauh ini polisi telah menyita beberapa barang bukti diantaranya mesin ATM dan memeriksa 10 orang saksi.

Akibat perbuatan RP, bank swasta yang jadi korbannya mengalami kerugian cukup besar yakni mencapai Rp300 juta. Dari tangan pelaku, ada beberapa barang bukti yang disita, seperti satu masker, laptop, ponsel, sampai peralatan skimming.

Editor           : Bintang Pradewo

Reporter      : Desyinta Nuraini