Rumput Vetiver Jadi Andalan Tangkal Longsor

JUNREJO – Tidak cuma namanya yang keren, yakni vetiver. Namun, tanaman rumput ini juga punya manfaat besar. Sebab, bisa menjadi medium untuk mencegah bencana.

Kekuatan rumput vetiver inilah yang dimanfaatkan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Junrejo Kota Batu. Kemarin (18/2) kurang lebih seribu rumput ini ditanam di lereng tebing curam area Coban Putri, Desa Tlekung.

Komandan Pos Ramil Junrejo Peltu Joko Ismanu mengatakan, tanam rumput vetiver ini merupakan bentuk kepedulian terhadap lingkungan. ”Ini salah satu upaya kami mencegah bencana alam seperti longsor,” ucapnya.

Lantaran, menurut dia, rumput vetiver ini mempunyai akar panjang yang bisa masuk ke dalam tanah. Sehingga, diharapkan akar rumput ini bisa menahan dinding tebing yang rawan longsor. ”Bahkan, diperkirakan bisa menembus kedalaman 5 meter,” imbuh Joko. Dia juga mengungkapkan, pada kegiatan yang berlangsung kemarin itu kurang lebih 1000 rumput vetiver di tanam di area Coban Putri.

”Yang tentunya melibatkan semua unsur muspika dan elemen masyarakat Junrejo,” kata dia. Kegiatan ini, Joko menjelaskan, juga merupakan salah satu bentuk sinergitas muspika dalam kepedulian terhadap lingkungan. Karena sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo, penanggulangan bencana adalah tanggung jawab bersama. ”Kegiatan positif ini diharapkan bisa diteruskan oleh pejabat Danramil yang baru,” kata dia.

”Sehingga sinergitas yang luar biasa ini bisa terus ditingkatkan,” lanjut Joko. Upaya pencegahan tentu lebih penting sebelum bencana itu terjadi. ”Jadi, ini salah satu bentuk pencegahannya. Dengan begitu, diharapkan lingkungan aman dari bencana,” tutupnya.

Pewarta : Ulfa Afrian
Copy Editor : Amalia Safitri
Penyunting : Aris Dwi Kuncoro