Waki Wali Kota Batu Punjul Santoso

KOTA BATU – Pendaftaran seleksi Pegawai Pemerintah Dengan Perjanjian Kerja (PPPK) sudah dibuka, Kota Batu hanya tercatat 48 orang Tenaga Honorer Eks Kategori II (TH Eks K-II) yang terdaftar. Pasalnya, jumlah itu yang dinyatakan memenuhi persyaratan oleh Badan Kepegawaian Negara (BKN).

Wakil Wali Kota Batu, Punjul Santoso menyatakan jika total pendaftar Eks K-II di Kota Batu seharusnya sebanyak 58 orang. Rinciannya yakni sebanyak 40 dalam formasi guru dan 18 orang untuk jabatan fungsional lainnya. Namun, beberapa dinyatakan tidak memenuni syarat.

“Jadi sekarang setelah ada keputusan BKN itu hanya 48 pendaftar saja. 40 untuk formasi guru, dan 8 lainnya untuk penyuluh pertanian. Banyak persyaratan yang tidak sesuai, salah satunya itu terkendala ijazah S1,” ujarnya ditemui di ruang kerjanya, Selasa (12/2).

Padahal, untuk P3K tersebut awalnya dibutuhkan dalam 3 bidang yaitu Pendidikan, Kesehatan dan Pertanian. Dengan ketentuan untuk jabatan guru minimal S1 dan masa aktif mengajar sampai saat ini dan untuk penyuluh pertanian syaratnya pendidikan minimal SMK bidang pertanian atau SLTA plus sertifikasi di bidang pertanian.

“Yang terkendala ini di bidang tenaga kesehatan, seharusnya ada eks K-II dari kesehatan tapi ini yang mendaftar untuk tenaga satpam sehingga tidak bisa lolos seleksi,” pungkasnya.

Diketahui persyaratan lain yang harus dipenuhi peserta yaitu mengenai batas usia, minimal 20 tahun hingga usia maksimal yakni satu tahun sebelum batas usia pensiun untuk jabatan fungsional tertentu (JFT). Peserta yang ingin melakukan pendaftaran bisa mengakses dengan cara online di situs resmi sscasn-helpdesk.bkn.go.id.

Pewarta: Arifina
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto: Arifina