Pertunjukan Reog Ponorogo dalam acara bersih Desa Sumbergondo Kota Batu

KOTA BATU – Akhir pekan di Kota Batu kali ini diwarnai beragam budaya. Mulai dari arak – arakan pawai pakaian adat nusantara, tampilan kostum bunga, jaranan hingga penampilan Reog Ponorogo meramaikan acara Karnaval Budaya di kawasan Desa Sumbergono, Kecamatan Bumiaji Kota Batu, Sabtu (16/3).

Menariknya, kemeriahan acara peringatan ulang tahun Desa Sumbergondo yang ke 140 tahun ini ada atraksi dari pemain Reog Ponorogo untuk menghibur pengunjung. Para pemain saling bergantian menggerak – gerakkan atribut Reog hingga berguling di aspal.

Kepala Desa Sumbergondo, Nuryuwono mengatakan kegiatan tersebut sebagai salah satu bentuk hajatan Desa Sumbergondo yang selalu rutin dilakukan setiap tahun.

“Ini hajatan Desa kami, bentuk mensyukuri apa yang telah didapatkan Desa Sumbergondo. Dan setiap tahun rutin kita lakukan,” ujarnya.

Dari pantauan tim radarmalang.id, banyak masyarakat Desa yang bahkan menyempatkan diri berfoto dengan aksi – aksi pemain Budaya. Sebelumnya, telah dilakukan juga beragam kegiatan syukuran. Seperti baca Alquran dan doa bersama di setiap masjid dan mushola Desa Sumbergondo, malam tasyakuran, bersih desa, kerja bakti, campur sari dan banyak lainnya.

“Seluruh rangkaian itu dilakukan dengan harapan masyarakat mensyukuri hajatan desa agar selalu aman sejahtera. Tidak kurang suatu apapun,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pariwisata (Disparta) Kota Batu menyatakan jika acara yang juga merupakan ‘Selamatan Desa’ ini bisa memperkenalkan beragam budaya dengan kearifan lokal yang ada di wilayah Kota Wisat Batu.

“Kita harapkan ini busa menjadi ajang promosi akan kearifan lokal yang ada di Kota Wisata Batu kepada wisatawan,” pungkasnya.

Pewarta: Arifina
Penyunting :Kholid Amrullah
Foto: Arifina