SMPN 1 Kepanjen Luncurkan Gedung Multifungsi

KEPANJEN – Setelah delapan tahun ”hibernasi”, SMPN 1 Kepanjen mulai menunjukkan pamornya kembali. Tidak hanya dari segi prestasi, tapi juga layanan pendidikan untuk anak didik. Salah satunya dengan me-launching gedung Widyaloka seluas 688,5 meter persegi.

Peluncuran gedung serbaguna berkapasitas 700 orang tersebut dilakukan kemarin (18/2). Sejatinya, peresmian dilakukan oleh Bupati Malang Drs H.M. Sanusi MM. Namun, karena bupati tugas dinas ke ibu kota, seremoni pengesahan dilakukan oleh Sekdin Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Malang Suwandi.

Kepala SMPN 1 Kepanjen Imam Jajuli membeberkan, gedung Widyaloka tersebut merupakan salah satu upaya sekolah dalam memenuhi sarana-prasarana pendidikan yang memadai. Termasuk mempercantik fisik sekolah. ”Gedung ini tidak hanya berisi aula. Tapi, juga perkantoran (ruang kepala sekolah, guru, staf), serta ruang tata usaha,” terang dia.

Karena bagaimanapun, Imam melanjutkan, peningkatan sarana dan prasarana menjadi hal utama. Tujuannya, tentu saja agar sekolah bisa menjadi lembaga menuntut ilmu yang lebih memadai, lebih berkah, serta lebih maju. ”Kami berupaya terus berbenah agar prestasi anak-anak semakin meningkat,” ujarnya.

Usaha tersebut, masih menurut Imam, perlahan mulai membuahkan hasil. Indikatornya, dari sebelumnya SMPN 1 Kepanjen menempati ranking 26 untuk nilai ujian nasional (NUN). Pada 2019 lalu, SMPN 1 mampu naik di posisi 13. Di bidang kompetisi, sekolah ini juga berhasil unjuk kebolehan.

Di antaranya, menjuarai 9 bidang lomba akademik dan nonakademik. Seperti story telling, paduan suara, hingga olimpiade sains nasional (OSN). ”Rencananya, kami akan membangun sarana olahraga bulu tangkis dan menghidupkan ekstrakurikuler menulis,” beber Imam.

Pewarta : Ren
Copy Editor : Dwi Lindawati,Nenny Fitrin
Penyunting : Aris Dwi Kuncoro