Gianna ‘Gigi’ Bryant Masuk Daftar Kehormatan Women NBA

RADARMALANGID – Kecelakaan helikopter pada 26 Januari lalu merenggut cita-cita Gianna ‘Gigi’ Bryant, putri legenda basket Kobe Bryant, untuk mengukir prestasi di ajang kompetisi basket Women NBA (WNBA).

Bersama sang ayah, Gigi menjadi salah satu korban tewas kecelakaan tragis dalam perjalanan menuju tempat latihan basket Bryant’s Mamba Sports Academy, California.

Tiga bulan berselang, WNBA sebagai asosiasi basket profesional khusus wanita di AS menempatkan nama Gigi Bryant di dalam daftar kehormatan ‘WNBADraft 2020’ pada Jumat (17/4).

Ada pula nama Alyssa Altobelli dan Payton Chester, rekan satu tim Gigi yang turut tewas dalam kecelakaan nahas pada Minggu pagi itu.

Komisioner WNBA, Cathy Engelbert, mengungkapkan jika ketiga gadis tersebut mencerminkan masa depan WNBA.

“Mereka merepresentasikan generasi selanjutnya dari bintang-bintang di laga kami, mungkin apa yang disebut generasi ‘Mambacita’,” jelas Engelbert dalam video mengutip dari CBS News.

Mambacita ialah panggilan sayang dari Kobe ke Gigi, diadaptasi dari nama panggungnya‘Black Mamba’ kala bermain di lapangan. Dengan adanya julukan itu diharapkan sang putri mampu meneruskan langkahnya di ajang basket pro.

Di samping menjadi figur ayah, Kobe juga bersemangat melatih para pebasket muda. WNBA pun memulai sesi penghormatan dengan mengenang Kobe dan tekad kuatnya pada dunia basket, termasuk basket wanita.

Gelar kehormatan ini langsung menuai respon haru dari Vanessa Bryant, ibunda Gigi dan suami Kobe. “Itu akan menjadi mimpi yang menjadi kenyataan baginya. Ia bekerja tanpa Lelah setiap hari,” terangnya.

“Ia ingin menjadi atlet terhebat sepanjang masa, seperti ayahnya. Jadi terima kasih telah menghormati gadis kecilku,” pungkas Vanessa.

Event tahunan WNBA Draft yang kali ini digelar secara online tersebut juga mengenalkan ‘Kobe and Gigi Bryant WNBA Advocacy Award’. Penghargaan untuk pemain yang berkontribusi pada basket perempuan.

Sebagai salah satu juri untuk menyeleksi pemain yang berhak diberi award, Vanessa berpesan agar mereka terus bekerja keras, tidak menyerah, dan menggunakan Mamba Mentality yakni mental tangguh untuk berusaha sebaik mungkin.

Penulis: Zhavirra Noor Rivdha
Foto: Istimewa
Editor: Indra M