Malang Jadi Tuan Rumah Liga 1 “New Normal”?

Jonatan Bauman saat menghadapi Persib di Stadion Kanjuruhan, musim ini.

Ok/A

MALANG KOTA – Lanjutan Liga 1 2020 pasca terhenti akibat pandemi, sangat mungkin digelar terpusat di Pulau Jawa. Malang pun digadang-gadang menjadi salah satu tuan rumahnya.

General Manager Arema FC Ruddy Widodo mengaku pihaknya tidak keberatan bila Malang menjadi tuan rumah Liga 1. “Kami mengikuti apa pun keputusan federasi (PSSI). Apakah hanya bermain di Jawa, atau bertandang seperti biasa,” kata dia.

Namun, bila digelar terpusat di satu wilayah, dia menilai dampaknya akan bagus bagi tim-tim peserta. ”Langkah itu bisa membuat rombongan tim lebih terproteksi. Karena terhindar dari fasilitas umum seperti bandara,” kata Ruddy.

Tim-tim peserta bisa menggunakan jalur darat. Di mana hampir semua kota/kabupaten yang punya stadion representatif telah saling terkoneksi dengan tol.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Pertandingan Arema FC Abdul Haris mengaku siap jika nantinya Malang menjadi tuan rumah lanjutan Liga 1. ”Kami siap jika Stadion Kanjuruhan dijadikan homebase klub-klub Liga 1 dari luar Jawa,” terang pria yang juga menjadi sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Malang itu.

Apalagi, selama ini, Stadion Kanjuruhan juga kerap menjadi tuan rumah turnamen-turnamen besar.

Pewarta: Galih Prasetyo
Edtitor: Indra M