Setuju Kompetisi Dilanjutkan, Arema FC Usulkan Subsidi dan Renegosiasi Kontrak

Salah satu pemain Arema FC, Dedik Setiawan kala berlatih di Stadion Kanjuruhan Malang sebelum kompetisi dihentikan sementara imbas Covid-19.

MALANG – Klub sepakbola kebanggaan Arek Malang, Arema FC, setuju jika musim kompetisi Liga 1 2020 dilanjutkan. Dengan catatan, harus melalui skema new normal. Yakni, ada subsidi dan renegosiasi kontrak pemain dan pelatih yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

“Arema FC setuju dilanjutkan (kompetisi). Kami setuju karena pemerintah menjamin lewat kebijakan The New Normal. Kami juga ingin melindungi banyak UMKM atau stakeholder yang bergantung pada keberlangsungan sepakbola,” urai General Manager Arema FC, Ruddy Widodo, Kamis (28/5).

Menurut Ruddy, permohonan rasionalisasi subsidi atau hak komersil kepada klub diajukan, karena dalam situasi new normal akan ada pembatasan jumlah penonton. Ini tentunya berpengaruh pada pemasukan klub.

Tim bola yang identik dengan warna biru itu juga meminta adanya kebijakan renegosiasi pemain kepada federasi. “Ini menjadi bagian penting terkait keberlanjutan kompetisi, termasuk memproteksi semua pihak, mulai dari klub, pelatih dan pemain,” kata pria berkacamata itu.

Pria berbadan besar itu menyampaikan klausul pertemuan dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) kemarin juga membahas dan menampung masukan dari klub terkait kompetisi. Dari hasilnya, ada beberapa klub yang setuju kompetisi dilanjutkan, ada yang abstain, ada pula yang meminta kompetisi dihentikan dan diganti skema lain.

Konklusi hasilnya nanti akan diputuskan setelah masa darurat korona dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada 29 Mei 2020.

“Kami mengajak semua pihak untuk rasional dengan kompetisi dilanjutkan, maka kami perlu duduk bersama dan menyesuaikan kondisi baik bagi klub dan stakeholder lainnya,” ujar Ruddy.

Pewarta: Elfran Vido
Foto: Rubianto
Editor: Hendarmono Al Sidarto