MALANG KOTA – Yayasan Tamansiswa konsisten menerapkan ajaran dari Ki Hadjar Dewantara. Salah satu implementasinya adalah kegiatan Ing Tamansiswa Mbangun Karsa yang digelar di STIEKN Jaya Negara Tamansiswa, Sabtu (8/12) dan Minggu (9/12).

Mengangkat tema Menyongsong Masa Depan Generasi Muda yang Maju dan Berkarakter, kegiatan ini tak hanya diikuti oleh mahasiswa STIEKN Jaya Negara Tamansiswa. Tapi juga siswa-siswi SMP Tamansiswa dan SMA Taman Madya.

Ing Tamansiswa Mbangun Karsa diisi dengan beragam acara. Di antaranya seminar kebangsaan bertajuk ”Menjadi Aktor Perubahan Bangsa di Era Revolusi Industri 4.0”.

Seminar ini diisi Ketua Dewantara Muda Sharing Centre Dr Sita Acetylena MPd dan pemilik klinik Lovology Indonesia Bara Susanto.

Selain seminar, acara lain yang digelar adalah festival kuliner Nusantara, lomba busana recycle, hingga musikalisasi puisi.

Ketua STIEKN Jaya Negara Tamansiswa Dra Eny Lestari Widarni MM menyatakan bahwa Ing Tamansiswa Mbangun Karsa merupakan agenda yang digelar sebagai pengingat akan jasa pendiri pendidikan nasional Ki Hadjar Dewantara.

Ini sesuai dengan visi dari STIEKN Jaya Negara Tamansiswa, perguruan tinggi yang dinaungi oleh Yayasan Tamansiswa. ”Yayasan Tamansiswa merupakan tempat untuk mendidik generasi bangsa yang berkarakter dan memiliki kompetensi unggul,” kata Eny.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Acara Herman Adi Wicansono SSos MM menyebut tujuan lain dari Ing Tamansiswa Mbangun Karsa. ”Yakni memupuk semangat kebangsaan, semangat nasionalisme, sopan santun, dan disiplin,” kata dia.

Pewarta: Adela Oki
Copy Editor: Amalia
Penyunting: Indra Mufarendra
Foto: Adela Oki