KOTA BATU – Beragam inovasi wisata di desa/kelurahan terus dibenahi di Kota Batu. Kali ini, Kelurahan Songgokerto, kecamatan Batu yang menghadirkan wahana wisata alam ‘Pine Park’.

Tak cukup berlibur ke Batu jika hanya menginap di Villa Songgoriti, wisatawan bisa menikmati suguhan alam dan nuansa cafe di area ‘Pine Park’. Pernak – pernik berbahan kayu pinus menghiasi lahan satu hektar tersebut.

“Area ini kan banyak terdapat pinus, dari pintu masuk hingga ke area dalam semuanya terbuat dari bahan pinus. Tapi biar beda dengan yang lain kita namakan ‘Pine Park’, buka sok keminggris (ke bahasa Inggris) loh ya,” ujar Ketua Lembaga Pemberdayaan Msy Kelurahan (LPMK), Rudi Hartono kepada tim radarmalang.id, Jumat (18/1).

Wisata pertama di Kelurahan Songgokerto ini menonjolkan keindahan nuansa alam yang ada Kota Batu. Jika di siang hari, pengunjung bisa melihat suasana landingnya Paralayang, dan ketika malam tiba keindahan lampu – lampu seluruh Kota Batu terlihat mempesona di area ini.

“Kita menonjolkan alam, bahkan di malam hari selain melihat keindahan Kota Batu dengan lampu – lampu menyala juga ditemani suara khas jangkrik. Dimana lagi bisa menikmati wisata seperti yang jauh dari kebisingan sambil makan dan minum di kafe,” imbuh Rudi Koplo (sapaan akrabnya).

Sementara itu, Lurah Songgokerto Dian Saraswati menyatakan wisata baru ini salah satu upaya mewujudkan visi misi Pemerintah Kota Batu ‘Desa Berdaya Kota Berjaya’. Karenanya kehadiran pemerintah dengan inivasi ini diharapkan bisa membantu perekonomian masyarakat di wilayahnya.

“Wisata berkonsep kafe dengan menjual view alam ini sebagai salah satu bentuk meberdayakan masyarakat dengan kehadiran pemerintahnya. Dengan hadirnya wisata akhirnya masyarakat juga terbantu,” pungkasnya.

Tak hanya itu, di area ini pengunjung juga bisa menikmati taman angsa, oangan lestari, dolanan tradisional anak, tandur pari, gazebo untuk bersantai dan masih banyak yang lainnya.

Pewarta: Arifina
Penyunting : Kholid Amrullah
Foto: Arifina