JawaPos.com – Juru bicara Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma’ruf Amin, Ace Hasan Syadzily menyindir hasil survei internal Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Dalam survei internal BPN disebut elektabilitas Prabowo-Sandi mencapai 54 persen, sedangkan Jokowi-Ma’ruf 40 persen.

Politikus Partai Golkar itu lantas mengatakan, survei yang dilakukan BPN hanyalah penghibur untuk memotivasi pendukungnya.

“Survei internal yang dibuat mereka ini tujuannya sederhana, untuk menghibur diri mereka sendiri dan memberikan motivasi kepada pendukungnya supaya tidak down,” kata Ace dalam keterangannya, Senin (11/3).

Ace mencontohkan, hasil survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyatakan bahwa Jokowi-Ma’ruf memperoleh elektabilitas 54,9 persen, sedangkan Prabowo-Sandi 32,1 persen.

Ace membantah, survei yang dilakukan oleh SMRC berhubungan langsung dengan TKN Jokowi-Ma’ruf. Pasalnya, survei yang dilakukan SMRC independen dan merupakan pendapat publik.

“Lembaga survei SMRC itu melakukan survei tidak ada kaitannya dengan kami. Mereka independen dalam melaksanakan survei. Hasilnya sama dengan lembaga-lembaga survei yang lain,” ucap Ace.

Namun, Ace merasa curiga jika ada hasil survei yang berbeda dari mayoritas lainnya. Terlebih jika hasilnya menyebut elektabilitas Prabowo-Sandi dapat mengungguli Jokowi-Ma’ruf.

“Jadi, kalau ada lembaga survei yang berbeda dari lembaga survei lainnya, maka patut dipertanyakan kredibilitasnya,” tegas Ace.

Sebelumnya, Koordinator Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Dahnil Anzar Simanjuntak mengklaim, berdasarkan hasil survei internal, elektabilitas pasangan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno telah mencapai 54 persen.

Sementara, elektabilitas pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin diklaim berada di sekitar angka 40 persen.

“Hasil survei kami, justru saat ini sudah crossing, Prabowo-Sandi sudah di angka 54 persenan, sedang Jokowi 40-an,” ucap Dahnil, Senin (11/3).

Editor           : Estu Suryowati

Reporter      : Muhammad Ridwan

Copy Editor : Fersita Felicia Facette