Kualifikasi Piala AFC U-23, Indonesia vs Thailand: Wajib Tiga Poin - JPNN.COM

Timnas Indonesia U-23 takluk 0-1 dari Vietnam U-23 di kualifikasi Piala AFC U-23 di My Dinh Stadium, Hanoi, Vietnam, Minggu (24/3) malam. Hasil ini memupus harapan skuat Garuda Muda lolos ke putaran final Piala AFC U-23.

Dalam laga ini, Pelatih Indra Sjafri sudah mengubah komposisi pemain di lini belakang. Dia juga menurunkan kiper yang berbeda, demikian juga dengan komposisi lini depan.

Meski sudah melakukan rotasi, tak terlihat hasil yang efektif. Bahkan, agresivitas yang diharapkan tak mampu ditampilkan Egy Maulana Vikri dkk. Sebaliknya, Vietnam justru mampu tampil maksimal dan terus memberikan tekanan ke pertahanan Indonesia.

Indonesia sejatinya sempat memiliki peluang bagus di akhir babak pertama, saat kiper Vietnam melakukan blunder. Sayang, Marinus Manewar yang mendapatkan kesempatan itu menyia-nyiakannya dan langsung melepas tendangan ke gawang sehingga mudah diantisipasi oleh kiper lawan.

Pada babak kedua, Vietnam belum mengubah gaya permainan menekan dan terus memberikan serangan ke pertahanan Indonesia. Terhitung ada empat peluang matang, beruntung bola masih bisa diantisipasi oleh kiper Satria Tama.

Terus ditekan, petaka bagi lini belakang Indonesia akhirnya datang di masa injury time babak kedua. Berawal dari sepak pojok, bola berhasil disundul oleh pemain Vietnam Trieu Viet Hung.

Bola meluncur deras, terkena tiang jauh sebelum memantul ke dalam gawang Satria Tama. Hasil ini pun memastikan, Indonesia gagal memenuhi ambisi lolos ke putaran final Piala AFC U-23.(dkk/jpnn)