Resmi Diakuisisi Facebook, GIPHY Bakal Kerja Bareng Tim Instagram

RADARMALANG – Pengguna media sosial hingga layanan messenger pasti cukup mengenal GIPHY. Mesin pencarian yang memungkinkan user untuk mengirim file gambar bergerak alias Graphic Interchange Format (GIF) berupa sticker hingga video.

“Setiap hari kami melayani 10 juta lebih potongan konten GIPHY kepada pengguna harian yang mencapai 700 juta lebih orang,” klaim GIPHY dalam laman resminya. Tersebar di Facebook, Tik Tok, Snapchat, dan Instagram

Seiring begitu diminatinya GIPHY dan pertumbuhan yang potensial, 7 tahun sejak dibuat Jace Cooke dan Aleex Chung pada tahun 2013, per bulan Mei 2020 GIPHY resmi diakuisi oleh Facebook dengan merogoh kocek sebesar USD 400 juta.

Setelah proses akuisisi terlaksana, GIPHY bakal berkolaborasi dengan tim Instagram. “Kami berencana untuk mengintegrasikan GIF library mereka ke Instagram dan aplikasi kami lainnya,” tulis Vishal Shah, VP of Product Facebook dalam rilis resmi di blog.

Tim GIPHY sendiri mengaku antusias untuk gabung di Instagram. “Stiker GIPHY pas untuk layering di Instagram Stories, sedangkan pencarian GIF kami memungkinakan semua orang untuk menemukan emosi sempurna di DM Instagram,” tulis mereka di Medium.

Meskipun hak milik sudah berada di tangan mereka, namun Facebook menegaskan jika penggunaan GIPHY di aplikasi lain tidak berubah.

“Orang-orang tetap bisa mengunggah GIF, pengembang dan rekan API (Application Programming Interface) akan lanjut memiliki akses sama ke API GIPHY dan komunitas GIPHY tetap bisa membuat konten hebat,” imbuh Vishal.

Namun, tetap saja keputusan akuisi ini akan menimbulkan tensi bagi pihak yang sudah menjalin kerja sama dengan GIPHY sepert I Message dan Telegram. Terutama perihal isu keamanan dan privasi pengguna yang sering dilanggar Facebook.

Facebook sendiri menegaskan jika konten milik GIPHY mampu memberi orang-orang cara kreatif dan penuh makna untuk mengekspresikan dirinya.

“Kami lihat hal positif di bagaimana orang menggunakan GIPHY dan produk kita hari ini, dan kami tahu membawa tim kreatif GIPHY dan talenta bersama milik kita hanya akan meningkatkan bagaimana orang-orang menggunakan komunikasi visual untuk terkoneksi dengan satu sama lain,” tukas Vishal di akhir rilis.

Penulis: Zhavirra Noor Rivdha
Editor: Hendarmono Al Sidarto