Google Meet Kini Tersedia di Dalam Fitur Gmail

RADAR MALANG – Akibat krisis pandemi, sistem Work From Home (WFH) masih berlanjut. Penggunaan layanan Google Meet dan eksistensinya pun masih melejit.

Menangkap hal tersebut, Google menawarkan sebuah pembaruan untuk penggunanya. Kini, pengguna Google Meet sekaligus Gmail tak perlu repot-repot untuk membuka banyak tab untuk bisa bekerja dengan tim secara virtual.

“Dengan makin banyaknya orang bekerja dan belajar dari rumah, kami ingin membuatnya mudah untukmu terkoneksi dan membuat hal-hal tetap melaju,” demikian pernyataan Google, dikutip dari G Suite Updates (18/5).

“Dengan Meet dalam Gmail, kamu bisa dengan mudah memulai atau bergabung ke meeting dalam hitungan detik. Tujuan kami adalah untuk membantumu mengikuti alur hari, pergantian yang mulus antara email dan video meeting – bentuk komunikasi apapun yang Anda butuhkan,” imbuhnya.

Mulai hari ini (18/5), kamu dapat menemukan notifikasi ‘New’ yang muncul di bagian kiri laman Gmail. Dalam daftar fitur Gmail, terdapat bagian tambahan berjudul ‘Meet’ dengan opsi ‘Start a Meeting’ dan ‘Join a Meeting’.

Rupanya, fitur ini telah meluncur di luar negeri sejak 16 April lalu dan digulirkan secara berkala mulai 30 April ke seluruh dunia untuk pengguna G Suite. Meski begitu, fitur ini baru dapat ditemui di Gmail versi web dan akan segera diberlakukan untuk versi mobile.

Google memang kerap memberikan gebrakan dan inovasi baru untuk produk-produknya agar dapat berintegrasi dan tersinkronisasi demi memudahkan pengguna dalam bekerja. Sebelumnya, diketahui pula bahwa fitur Google Meet terintegrasi dalam layanan Google Calendar.

Pengguna Google Calendar yang hendak membuat jadwal meeting atau konferensi dapat membuat jadwal sekaligus video meeting room dengan mengundang anggota meeting lainnya.

Penulis: Ananda Triana
Foto: Google For Education

Editor: Indra M