JawaPos.com – Satu unit pesawat Cassa 212 milik TNI AU akan segera tiba di Landasan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Riau. Nantinya, pesawat yang diperbantukan oleh Mabes TNI ini akan membantu pembuatan hujan buatan.

Komandan Pangkalan Udara (Danlanud), Roesmin Nurjadin Pekanbaru, Marsma TNI Ronny Irianto Moningka mengatakan, saat ini pesawat tersebut dalam perjalanan menuju ke Riau. 

“Hari ini akan tiba. Kami juga koordinasikan dengan BPBD untuk mekanisme pelaksanaan hujan buatan khususnya untuk wilayah Pulau Rupat, Kabupaten Bengkalis,” kata dia, Senin (25/2).

Moningka menyebutkan, saat ini masih terdapat beberapa titik api di wilayah pesisir Riau itu. Pemadaman, hingga kini masih dilakukan oleh tim Satgas Karhutla terdiri dari, TNI; Polri; BPBD; Manggala Agni; maupun masyarakat setempat. “Anggota masih di lokasi untuk penanggulangan,” ujarnya.

Dalam penanganan bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) ini, prajurit Lanud Roesmin Nurjadin membantu upaya pemadaman melalui udara. Selain pesawat Cassa 212, ada 2 unit helikopter yang telah disiagakan sebelumnya. Yaitu milik TNI AD dan TNI AU. 

“Saat ini titik api sudah menurun, namun masih ada sejumlah titik api yang harus dipadamkan. Yang terbakar merupakan areal hutan, tidak pemukiman warga. Jadi sudah kami lokalisir dengan Satgas darat dan Manggala Agni,” tuturnya.

Selain satu unit pesawat yang akan membantu membuat hujan buatan, 1 Satuan Setingkat Kompi (SSK) dari Mabes TNI sudah berada di Riau sejak Minggu kemarin (24/2). Mereka dikirim langsung oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. 

“Kemarin 100 anggota TNI Angkatan Darat dikirim dari Jakarta. Saat ini sudah berada di Dumai dan Bengkalis, disebar menuju lokasi titik api. Kendalinya dibawah Satgas darat karhutla,” pungkasnya.

Editor           : Budi Warsito

Reporter      : Virda Elisya